Didiklah Anakmu Sesuai dengan Zamannya, Karena Mereka Hidup Bukan di Zamanmu.

“DIDIKLAH ANAKMU SESUAI DENGAN ZAMANNYA, KARENA MEREKA HIDUP BUKAN DI ZAMANMU”.
~Ali bin Abi Thalib, RA.

Menurut Ali bin Abi Thalib RA. Ada 3 kategori umur didalam cara memperlakukan anak.

1. Kelompok 7 tahun pertama (usia 0-7 tahun), perlakukan anak sebagai raja.
Melayani anak dibawah usia 7 tahun dengan sepenuh hati dan tulus adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan. Banyak hal kecil yang setiap hari kita lakukan ternyata akan berdampak sangat baik bagi perkembangan prilakunya.

💓 Contohnya nih,
Saat kita berusaha keras menahan emosi saat anak melakukan kesalahan sebesar apapun, lihatlah dikemudian hari ia akan mampu menahan emosinya ketika adik/temannya melakukan kesalahan padanya, dsb.

2. Kelompok 7 tahun kedua (usia 8-14 tahun), perlakukan anak sebagai tawanan.
Kenapa sebagai tawanan? Karena kedudukan tawanan dalam Islam sangatlah terhormat, ia mendapatkan haknya secara proporsional namun juga dikenakan berbagai larangan serta kewajiban.

💓 Contohnya nih,
Mengerjakan sholat 5 waktu, memakai pakaian yang bersih, rapi, dan menutup aurat, menjaga pergaulan dengan lawan jenis, membiasakan membaca AlQur’an, serta membantu pekerjaan rumah yang sesuai dengan kemampuan anak seusia ini, dsb.

3. Kelompok 7 tahun ketiga (usia 15-21 tahun), perlakukan anak sebagai sahabat.
Usia 15 tahun adalah usia umum saat anak menginjak akil baligh. Sebagai orang tua kita sebaiknya memposisikan diri sebagai sahabat dan memberi contoh atau teladan yang baik seperti yang diajarkan oleh Ali bin Abi Thalib Ra.

💓 Contohnya nih,
Berbicara dari hati ke hati. Inilah saat yang tepat untuk berbicara dari hati ke hati dengannya, menjelaskan bahwa ia sudah remaja dan beranjak dewasa. Membekali anak dengan keahlian hidup, dsb.

#nalindrahijab #nalindrahijabpasuruan #nalindrahijabdaily #nalindrahijabsharing#nalindrahijabquotes #nalindrahijabmotivasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *